Kategori
News Update

Wisata Kuliner Di Kota Yogyakarta Yang Wajib Dicoba

Bicara tentang Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Sebagai kota yang memiliki sejarah sangat panjang, aroma tradisional selalu melekat dengan kota ini. Berbagai wisata kuliner di kota Yogyakarta yang populer biasanya seputar menu tradisional. Setiap wisatawan yang berkunjung ke kota ini wajib untuk mencicipi kuliner yang ada.

Kita tahu bahwa kuliner Jogja terkenal dengan rasa gurih dan manis ketika sampai di lidah. Namun, seiring berjalannya waktu banyak perkembangan variasi masakan lain seperti oseng mercon yang terkenal super pedas, ada juga yang memang sengaja mempertahankan ciri khas dan rasa bahan asli seperti sate klathak. Sedangkan untuk fasilitas tempat, rata-rata menggunakan lesehan kaki lima sanpai bernuansa alam tradisional

Wisata Kuliner Di Kota Yogyakarta Yang Murah Dan Wajib Dicoba

Menikmati kota Jogjakarta tidak lengkap rasanya jika tidak berkelana malam. ada banyak kuliner yang sangat enak dan murah bernuansa tradisional di sini. Meskipun ada yang buka di siang hari, namun rata-rata kuliner Jogja buka di saat banyak orang tertidur. Justru hal ini yang bisa menambah suasana santai ketika di jogja. Beberapa tempat kuliner tersebut adalah:

1. Soto Batok Mbah Karto

Nama ini diambil dari sebiuah tempat maka terkenal milik Mbah Karto yang ada di sekitar kawasan Candi Sambisari Jogjakarta. Masakan andalannya adalah soto yang disajikan secara unik. Yaitu dengan bathok atau tempurung kelapa. Warung ini sangat cocok sebagai tempat sarapan. Karena ada daya tarik lain yaitu pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah dan suasana pedesaan yang masih kental.

2.  Gudeg Pawon

Berlokasi di Jalan Janturan Nomor 36 Umbulharjo Jogjakarta. Merupakan wisata kuliner di kota Yogyakarta yang sangat cocok bagi pengelanan malam. Pasalnya, kuliner ini buka antara 22.00-24.00. Kuliner ini sudah ada sejak 1958 dan awalnya ada di pasar sentul. Uniknya, gudeg dan semua masakan diolah menggunakan tungku tadisional dan api kayu bakar untuk mempertahankan cita rasa asli. Konsep tempatnya juga unik karena terletak di sebuah pawon atau dapur. Sehingga pembeli harus antri layaknya seorang anak minta makan pada ibu.

3. Sate Klathak Pak Pong

Kuliner yang berada di Imogiri Timur Km 10 Wonokromo Bantul ini menawarkan keunikan sate. Mungkin mayoritas orang tahu tentang sate namun yang membedakan dengan warung milik Pak Pong ini adalah daging kambing hanya menggunakan bumbu garam dan merica saja. Daging yang digunakan adalah kambing muda sehingga terasa empuk. Sedangkan untuk penyajiananya dalam 1 porsi berisi 2 tusuk sate dengan potongan daging gede-gede.

4. Wisata Kuliner Di Kota Yogyakarta Oseng Bu Narti

Orang-orang lebih mengenalnya dengan oseng-oseng mercon Bu Narti. Adalah pelopor oseng-oseng di Jogjakarta. Cara penyajiannya dengan nasi hangat yang asapnya masih mengepul kemudian ketika di mulut, rasa pedasnya langsung meledak. Selain menu oseng-oseng, warung ini juga menyediakan makanan lain seperti ayam goreng, ayam bakar, lele, dara, bebek, puyuh, rempelo ati dan lain sebagainya. Warung sederhana ini berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Jalan Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta mulai jam 5 sore sampai tengah malam Beberapa tempat di atas merupakan rekomendasi kuliner tradisional yang sekarang ini lagi hits dan wajib dikunjungi. Jika Anda berkunjung ke Jogja dan ingin menikmati beberapa kuliner tersebut akan lebih mudah dengan cara menyewa mobil di kharisma premium. Selain terdapat berbagai jenis juga bisa menyesuaikan pilihan sesuai kebutuhan selama berwisata.